Malas Memasak? Microwave Saja! (Makanan Instan Khas Korea)

Pernah merasa waktu begitu berjalan lambat bahkan tiap kali memandang jam 5 menit juga belum berlalu? Kalian cuma ingin pulang ke rumah dan istirahat, jadi begitu jam kerja, sekolah atau kuliah selesai, secepat kilat kalian pulang dan terkapar kecapekan.

Ups. Perut keroncongan. Lagi nggak mood makan di luar – rumah terlalu nyaman untuk ditinggalkan – tapi memasak di dapur dan berlama-lama di depan kompor? Memikirkannya saja membuat otot (dan kepalamu) sakit. Memasak makanan lengkap tentu saja terasa seperti siksaan. Oleh karena itu, memikirkan apa yang mau dimakan itu tergantung dua hal: 1) seberapa lapar, dan 2) seberapa malas kalian untuk memasak.

Galbitang dan seolleongtang yang mudah dimasak – masukkan panci dan masak

Level 1: Cukup lapar dan cukup malas
Buka kulkas dan menemukan sisa banchan (반찬, lauk) atau makanan yang siap dimasak, masukkan dalam pot/panci/pinggan, masak/panaskan, tata meja, makan. Untungnya, ada banyak pilihan makanan yang bisa disimpan di kulkas dan freezer, mulai dari sup dan rebusan sederhana sampai ke lauk yang lebih tradisional, dan bahkan jajanan favorit kalian.

Image Hosted by ImageShack.ustteokbokki yang mudah dibuat

Image Hosted by ImageShack.us

Kalau kalian sedikit ambisius, kalian bahkan bisa membuat pork rib jjim

Tapi kalau itu mungkin terlalu membutuhkan banyak tenaga, jadi:

Level 2: Cukup lapar dan sangat malas
Korea itu surganya pesan makanan. Kalian harus menunggu sekitar 15 sampai 30 menit setelah menelpon jadi selama itu kalian bisa ganti baju dan bersantai di sofa, nonton TV, atau browsing internet. Saat bel pintu berbunyi, buka pintu, terima makanan, bayar makanannya, kembali ke depan TV dan memanjakan diri sendiri (percuma pesan makanan kalau kalian tidak akan memanjakan diri sendiri :p).

Image Hosted by ImageShack.us

Ayam goreng Korea itu yang terbaik

Level 3: Sangat lapar dan cukup malas
Kalian tidak ingin membuang waktu, perut sudah keroncongan: menunggu lebih dari 10 menit berarti kalian mungkin bakal mengunyah junk food saat semuanya dipersiapkan dan itu berarti merusak makan malam, padahal bukan itu tujuannya. Jadi pilihan tertuju pada ramyeon. Kurang dari 5 menit untuk memasak, tapi kalian masih harus mengeluarkan panci, mengisi air, menaruh di atas kompor, menunggu sampai mendidih, masukkan mie ramyeon dan bumbu-bumbunya dan menunggu masak 3 sampai 4 menit. Terlalu banyak mengeluarkan tenaga, mungkin?

Image Hosted by ImageShack.us

Ramyeon klasik

Level 4: Sangat lapar dan super malas
Ah, fokus utama. Siapa yang punya waktu untuk mencari panci? Lupakan panci. Lupakan piring. Kalian ingin makan, dan kalian butuh makan sekarang juga. Apa gunanya teknologi modern kalau kalian tidak diuntungkan? Selain itu, oven microwave – yang disebut ‘electronic range’ (전자레인지) di Korea – sudah ada selama dekade dan pasti cukup familiar dengan ini.

Image Hosted by ImageShack.us

Lauk Makanan Non-Korea, tapi seri Ottogi “3 Menit” ini klasik

Aku tidak berpikir orang Korea sekarang benar-benar memasak dengan microwave. Aku percaya kalau semenjak microwave diperkenalkan sampai sekarang, biasanya digunakan untuk menghilangkan es di makanan dan memanaskan makanan. Memanaskan makanan yang biasanya sisa banchan atau lauk sebelumnya. Microwave menunjukkan potensialnya dalam makanan Korea tahun 1990an; dengan pengembangan teknologi pengemasan retort pouch, perusahaan makanan memperkenalkan kari dan saus kari yang bisa dipanaskan. Karena kebanyakan keluarga orang Korea selalu punya rice cooker di rumah, banyak lauk yang didesain menjadi pelengkap nasi.
Makanan gaya Barat seperti roti hamburger dan spaghetti cepat diterima. Juk (죽, bubur Korea) yang pertama diperkenalkan. Dari akhir tahun 1990an, pengembangan produk terus meningkat, dengan semua jenis makanan bisa dimasak dalam microwave.

Image Hosted by ImageShack.us

Produk nasi yang bisa dimasak dalam microwave di supermarket

Mungkin gebrakan terbesar dan terakhir untuk orang pemalas di Korea adalah munculnya nasi microwave. Keluarga inti menjadi standar, jumlah rumah tangga dengan penduduk tunggal meningkat: tidak semua orang punya rice cooker yang penuh nasi dan 24/7. Tidak banyak orang “menyimpan” sisa nasi dalam freezer; nyaris selalu digunakan untuk yang lain dan dimakan secepat mungkin. Kecuali kalian menggunakan nasi beku untuk membuat juk, memanaskan nasi sebenarnya tidak terlalu enak. Konsistensinya hilang dalam proses pemanasan, tapi pabrik mengatasi masalah tersebut dan muncul dengan produk dengan tekstur seperti nasi yang dibuat di rice cooker biasa. Itulah inovasi.

Image Hosted by ImageShack.us

Hetban nyaris menjadi kata kerja

Salah satu pionir produknya, merek Hetban (햇반) menjadi hit besar-besaran saat itu hingga banyak orang masih menyebut nasi microwave dengan sebutan “Hetban”, walaupun mungkin yang mereka maksud adalah produk merek lain. (Seperti “Honda” bukannya “sepeda motor”.) Akhir-akhir ini, produk nasi microwave ini bervariasi tipe, campuran, dan produk turunannya seperti juk, gukbap (국밥, nasi sup), dan deopbap (덮밥, nasi dengan pelengkap, misalnya nasi dengan saus pelengkap dan bahan lainnya).

Image Hosted by ImageShack.us
Juk, sesuai jarum jam dari kiri atas: daging sapi, abalone, labu manis, kacang merah manis
Image Hosted by ImageShack.us
Yukgaejangbap adalah gukbap yang populer
Image Hosted by ImageShack.us
Rasa standar deopbap: dakgalbi dan kimchi tuna

Ada tiga komponen utama dalam makanan Korea: nasi, sup, dan kimchi. Bahkan kalau kalian super malas sampai ke tulang sumsum, saat kalian memutuskan makan masakan Korea, kalian sangat mungkin ingin membuat yang mirip dari trio ini, jadi tidak kaget kalau produk sup dan rebusan yang bisa dimasak di microwave ini melimpah. Walaupun produk beku ini biasanya “masukkan dalam panci dan panaskan”, produk kering kemasan biasanya mudah dipanaskan dalam microwave setelah menambahkan air.

Image Hosted by ImageShack.us
Searah jarum jam dari kiri atas: yukgaejang, miyeokguk, bugeoguk, sagol ugeojiguk

Hebatnya, produk ini hanya membutuhkan kurang dari 5 menit untuk dibuat. Pilih produk, taruh di microwave, set timer, pencet tombol, tunggu beberapa saat, dan ping! Makananmu sudah jadi. Kalian bisa makan dan setelah selesai bisa langsung istirahat.

Level “Aku tidak peduli, aku cuma ingin istirahat”: Tidak sangat lapar dan super super malas
Oh, siapa yang peduli jika perutmu keroncongan. Menenangkannya itu sudah cukup. Kamu tidak peduli; yang kalian inginkan hanya membiarkan sel otakmu beristirahat dan berada dalam posisi horizontal sepanjang malam, lebih cepat lebih baik. Cara tercepat dan sederhana daripada microwave? Tuangkan air mendidih dan aduk. Makan. Makanan cup seperti ini contoh makanan instan: mie, kaldu, sup, bubur, dan bahkan rebusan. Ini bukan berarti kalian akan menyiapkan meja yang penuh dengan berbagai lauk, pastinya kalian hanya butuh satu lauk untuk memuaskan selera makanmu dan beranjak, mungkin ke sofa. Tapi jangan kaget kalau kalian cepat lapar dalam hitungan jam. Kalau seperti itu, microwave saja yang lain.

Image Hosted by ImageShack.us

Bugeoguk instan dalam 4 langkah

 

Image Hosted by ImageShack.us

sundubu jjigae

Fast food di rumah itu luar biasa mudah. Dan kebanyakan makanannya juga cukup lezat. Lain waktu kalau kalian ke supermarket Korea, lihat di bagian makanan olahan (간편식품) atau makanan instan (즉석식품) dan pilih beberapa yang menarik. Menimbun beberapa barang mungkin ide yang bagus untuk hari-hari untuk bermalas-malasan mendatang.
Dan selalu ingat: memasak makananmu sendiri dengan produk segar atau makan “slow food” di restoran itu lebih sehat daripada mengandalkan makanan microwave tiap hari. Malas itu secukupnya saja.

Image Hosted by ImageShack.us

Makanan instan di supermarket

Merek dan perusahaannya:
Beksul: http://www.beksul.net
Chungjungone: http://www.chungjungone.com
CJ CheilJedang : http://www.cj.co.kr
Daesang : http://www.daesang.co.kr
Dongwon F&B : http://www.dongwonfnb.com
Hetban: http://www.hetbahn.co.kr
Korea Yakult : http://www.yakult.co.kr
Ottogi: http://www.ottogi.co.kr
Pulmuone : http://www.pulmuone.co.kr
Samyang : http://www.samyangfood.co.kr
Singsong: http://www.singsongfood.com
Sonsoo : http://www.sonsoomall.co.kr

N.B. Semua supermarket besar punya merek makanan instan mereka sendiri.

*Foto dari situs resmi atau dari penulis

Source : @ blog.korea.net

*dipublish juga untuk disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s