Studi: Senyawa dalam Semangka bisa Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kardiovaskuler

Ekstrak semangka efektif dalam mengurangi pre-hipertensi secara alami, berdasarkan bukti baru dari pilot studi terbaru.

Penelitian yang dipimpin oleh ahli pangan di Florida State University menunjukkan bahwa ekstrak L-citrulline dari semangka selama 6 minggu, menurunkan tekanan darah dan refleksi gelombang aorta pada individu usia setengah baya dengan pra-hipertensi.

“Kami adalah yang pertama yang mendokumentasikan hemodinamis aorta yang meningkat di pra-hipertensi pada pria dan wanita usia setengah baya yang menerima dosis terapi semangka,” ujar Dr. Arturo Figueroa, peneliti utama pada penelitian ini.

“Temuan ini menunjukkan bahwa ‘pangan fungsional’memiliki efek vasodilatory, salah satunya dapat mencegah pra-hipertensi dari hipertensi,faktor resiko utama untuk serangan jantung dan stroke,” tambah Figueroa.

Pra-hipertensi diklasifikasikan sebagai tekanan darah antara 120/80 mmHg dan 139/89 mmHg. Ini adalah prekursor hipertensi, dan faktor resiko untuk penyakit kardiovaskuler.

L-arginin penting dalam pembentukan nitrat oksida, regulator tekanan darah melalui efek pelebaran pembuluh darah. Bagaimanapun juga, suplementasi L-arginin tidak direkomendasikan untuk beberapa orang, karena dapat menyebabkan mual, ketidaknyamanan pada usus, dan diare.

“Semangka merupakan sumber L-citrulline alami yang bisa dimakan, dan erat terkait dengan L-arginin,” ujar Dr. Figueroa.

Setelah dikonsumsi, L-citrulline dari semangka dikonversi menjadi L-arginin tanpa menyebabkan masalah yang terkait dengan konsumsi L-arginin.

Ada bukti bahwa suplemen semangka dan L-citrulline oral bisa mengurangi tekanan darah perifer dan meningkatkan nitrat oksida tergantung pada vasodilatasi pada tikus hipertensi dan diabetes. Sebagai tambahan L-arginin terbukti menurunkan tekanan darah brachialis melalui peningkatan produksi nitrat oksida endotel.

Namun, tekanan darah aorta dan refleksi gelombang denyut nadi lebih baik sebagai penanda resiko kardioveskuler daripada tekanan darah brachialis, sehingga penelitian terbaru meneliti efek suplementasi semangka pada biomarker di populasi kecil individu setengah baya dengan pra-hipertensi.

Dr. Figueroa dan rekan-rekannya menemukan suplementasi dengan 6 gram L-citrullin dari semangka, menghasilkan peningkatan fungsi arteri, dan menurunkan tekanan darah aorta di semua sembilan subyek pra-hipertensi.

Supplementasi secara signifikan menurunkan sistolik puncak kedua, yang terkait dengan pengurangan refleksi gelombang denyut nadi, tadi tidak memiliki efek signifikan pada sistolik puncak pertama – yang terutama ditentukan oleh faktor-faktor lain seperti volume stroke.

Supplementasi semangka tidak mengubah denyut jantung, waktu refleksi, atau kecepatan gelombang denyut nadi aorta. Peneliti menyimpulkan bahwa suplementasi semangka selama 6 minggu meningkatkan hemodinamis aorta pada orang dewasa tengah baya dengan pra-hipertensi.

Suplementasi L-citrullin [dari semangka] bisa mengurangi dosis obat anti-hipertensi yang dibutuhkan untuk tekanan darah, atau bisa mencegah perkembangan pra-hipertensi menjadi hipertensi, ujar Figueroa.

“Individu dengan tekanan darah meningkat dan kekakuan arteri – terutama pada orang tua dan memiliki penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 – akan merasakan manfaat dari L-citrullin baik dalam bentuk sintesis maupun natural (dari semangka),”

“Mengingat bukti yang dihasilkan dari studi awal ini, kami berharap untuk melanjutkan penelitian dan meliputi kelompok partisipan yang lebih besar pada penelitian berikutnya,” ujar Figueroa.

Sumber: American Journal of Hypertension
Published online ahead of print, doi: 10.1038/ajh.2010.142
“Effects of Watermelon Supplementation on Aortic Blood Pressure and Wave Reflection in Individuals With Prehypertension: A Pilot Study”
Authors: A. Figueroa, M.A. Sanchez-Gonzalez, P.M. Perkins-Veazie, B.H. Arjmandi

Dikutip dari: Nutraingredients.com: Watermelon compounds may reduce CVD risk: Study

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s