Tinjauan tentang hitungan cawan

Salah satu metode yang sering digunakan dalam penghitungan jumlah koloni sel adalah hitungan cawan. Sampel yang akan dihitung akan diencerkan dalam larutan yang tidak membahayakan mikroba, dan juga tidak memacu pertumbuhannya (jadi mikroba tidak tumbuh selama pengenceran). Dalam banyak contoh volume cairan (atau bagian dalam padatan) dari sampel diencerkan pertama kelipatan 10 dengan buffer dan dicampur sampai selesai.

Dalam banyak contoh, 0,1-1,0 ml dari pengenceran sample pertama diencerkan dengan kelipatan 10, sehingga pengenceran totalnya adalah pengenceran kelipatan 100. Pengenceran ini diulangi sampai konsentrasi sel dalam larutan diperkirakan sekitar 1000 sel per ml. Dalam metode sebar (spread plate) beberapa dari pengenceran tertinggi (densitas bakteri terendah) diambil dan disebarkan dengan batang gelas steril di atas permukaan medium padat yang akan mendukung pertumbuhan mikroba.

Penting untuk diingat bahwa larutan sampel disebar di atas permukaan dan meresap ke dalam agar. Hal ini untuk mencegah terlalu banyaknya larutan di atas permukaan yang bisa menyebabkan koloni tidak tersebar merata dan keperluan untuk mengeringkan lapisan dibatasi menjadi 0,1 ml atau kurang dari itu.

Metode kedua adalah metode tuang (pour plate), dimana sample dituangkan terlebih dahulu, baru media agar dituangkan sesudahnya ke cawan petri. Dalam contoh lain, pengenceran sampel cukup tinggi sehingga koloni sel yang tumbuh dapat dihitung. Dengan menghitung koloni, total nilai koloni yang tumbuh dalam satu unit (cfu) pada cawan bisa ditentukan (1). Rumus pengenceran adalah sebagai berikut (2):

Pengenceran = volume yang ditambahkan / (Volume yang ditambahkan + volume yang diencerkan)

Sumber:

  1. Paustian, T. 2006. Viable Plate Counts.
  2. USEPA. 2002. Examination of Water Quality: Bacterial Indicators.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s