Penelitian : protein ayam sekali lagi menunjukkan manfaat terhadap tekanan darah

Protein yang diesktrak dari kaki ayam dapat menurunkan tekanan darah dan berpotensi melawan penyakit kardiovaskuler, menurut penelitian dari Jepang.

Protein yang didapat dari hidrolisa daging dari kaki ayam menyebabkan aktivitas penghambatan angiotensin converting enzyme (ACE) hingga 98%, menurut hasil yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

ACE inhibitor bekerja dengan menghambat konversi angiotensin I menjadi vasoconstrictor kuat, angiotensin II, sehingga meningkatkan aliran darah dan tekanan darah.

Para peneliti dari School of Human Sciences di Kobe College melaporkan salah satu protein yang diekstrak bisa jadi “zat yang baik untuk merancang suplemen makanan untuk penderita hipertensi”.

Tekanan darah tinggi (hipertensi), didefinisikan sebagai tekanan darah yang memiliki sistolik dan diastolic lebih dari 140 dan 90 mmHg, dan merupakan faktor utama penyakit kardiovaskuler – penyakit yang menyebabkan kematian hampir 50% di Eropa, dan dilaporkan membebani ekonomi EU sebesar €169bn ($202bn) per tahun.

Penelitian ini didasarkan pada temuan sebelumnya, juga dari Jepang, pada potensi manfaat protein ayam. Pada tahun 2008, ilmuwan dari Nippon Meat Packers dan Hiroshima University melaporkan bahwa kolagen kaki ayam kaki yang dihidrolisa mengurangi tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi sebesar 50 mmHg.

Peneliti Kobe College memisahkan empat protein dari daging paha ayam tanpa tulang yang terekspos cairan lambung buatan.

Saat diuji untuk aktivitas penghambatan ACE, dua dari protein tersebut ditemukan mengurangi 50% (IC50) aktivitas ACE pada level mikro mol 228 dan 5,5. Meskipun nilai-nilai ini jauh lebih besar daripada 0,022 mikro mol untuk kaptopril, inhibitor ACE sintetis yang khas, mereka sebanding dengan nilai IC50 yang dilaporkan untuk berbagai peptida penghambat ACE yang berasal dari makanan,” jelas para peneliti.

Peptida P1 (MNVKHWPWMK) sesuai dengan urutan asam amino dari asam amino 825-834 dari rantai berat myosin, dan peptida yang P4 (VTVNPYKWLP) sesuai dengan urutan asam amino dari asam amino 125-135 dari rantai berat myosin,” tulis para peneliti. “Peptida tersebut adalah peptide ACE inhibitor baru yang berasal dari ayam,” tambah mereka.

Sumber:

Journal of Agricultural and Food Chemistry
Published online ahead of print, ASAP Articles, doi: 10.1021/jf100977z
“Novel Angiotensin-Converting Enzyme (ACE) Inhibitory Peptides Derived from Boneless Chicken Leg Meat”
Authors: M. Terashima, T. Baba, N. Ikemoto, M. Katayama, T. Morimoto, S. Matsumura

Stephen Daniells, 2010. NutraIngredients.com : Chicken proteins again show blood pressure benefits: Study.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s