Tinjauan tentang Teknik Isolasi

Bakteri di alam seringkali ditemukan dalam kelompok berbagai spesies. Dalam banyak kepentingan, penting untuk mengisolasi macam-macam organism dalam kultur murni sebelum bisa diidentifikasi dan dipelajari. Teknik yang paling penting disini adalah “penggoresan” pada permukaan medium nutrient padat. Pada prinsipnya organism tunggal, secara fisik dipisahkan dari yang lain pada permukaan medium, yang akan berjarak dari koloninya.

Secara teknis prosesnya adalah sebagai berikut:

1.      Sterilisasi jarum ose dengan memanaskannya sampai merah menyala di atas api, diamkan beberapa detik untuk mendinginkan, uji dengan menempelkan jarum ose di tepian agar, apakah sudah dingin jarum osenya.

2.      Ambil satu ose koloni bakteri dari permukaan agar cawan, dan goreskan setidaknya 1 inchi dari tepi cawan, goreskan secara perlahan dan usahakan jangan sampai agar rusak, goreskan sampai hampir tepi agar. Tutup cawan, panaskan pinggir cawan.

3.      Sterilisasi jarum ose dan dinginkan lagi, kemudian dari ujung akhir penggoresan, goreskan koloni pada area yang berbeda, tutup cawan dan panaskan pinggirnya.

4.      Bakar dan dinginkan jarum ose lagi, tapi goreskan lagi dari ujung terakhir penggoresan sebelumnya. Hindari mengenai goresan pertama.

Sumber:

Rollins, D.M. 2000. Streaking for Isolation of Bacterial Colonies on an Agar Medium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s