Tinjauan tentang Lactose Broth dan EMBA

Lactose broth digunakan untuk menumbuhkan Salmonella dan bakteri koliform dari makanan, air, dan hasil ternak. Reaksi enzimatis gelatin dan ekstrak sapi memberikan sumber karbon dan nitrogen untuk pertumbuhan bakteri pada lactose broth. Laktosa adalah karbohidrat. Fermentasi laktosa dibuktikan dengan timbulnya gas (1).

Komposisi yang dibutuhkan antara lain peptone 5 gr/L, ekstrak daging (sapi) 3 gr/L, laktosa 5 gr/L. campurkan 13 gr atau lebih dalam 1 L air, didihkan 1 menit, tuangkan dalam tabung reaksi yang berisi tabung durham, autoklaf 15 menit pada suhu 121oC. pHnya 6,9 ± 0,2 pada 25oC. Lactose broth ini akan berwarna kekuningan dan jernih. Dengan menggunakan medium ini, Escherichia coli dan Klebsiella pneumonia bisa tumbuh baik dan memproduksi gas, Salmonella typhimurium tumbuh baik namun tidak memproduksi gas, sedangkan Proteus vulgaris tidak tumbuh dengan baik dan tidak memproduksi gas (2).

Kultur mikroba memberi respon dalam Lactose Broth pada suhu 35oC setelah inkubasi 18-48 jam. Enterococcus faecalis dan Pseudomonas aeruginosa bisa tumbuh baik pada medium ini namun tidak memproduksi gas (1).

EMB Agar adalah medium pembeda yang dipakai dalam identifikasi dan isolasi bakteri batang enterik Gram-negatif. EMB Agar juga menghambat pertumbuhan bakteri Gram-positif. Pembeda dalam media ini terletak pada eosin dan metilen blue, yang membedakan pemfermentasi laktosa dan pemfermentasi non-laktosa. Pemfermentasi laktosa berwarna gelap di dalam dan bening di pinggirnya sedangkan pemfermentasi non-laktosa tidak berwarna (3).

Sumber:

1.      Anonymous. 2004. Lactose Broth.

2.      EMD. 2002. Lactose Broth.

3.      DPALM MEDIC. 1995. Eosin Methylene Blue (EMB) Agar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s