Tinjauan tentang Media TSB & Buffer

Tinjauan tentang Media TSB

TSB (Trypticase Soy Broth) adalah medium dasar untuk menumbuhkan berbagai mikroorganisme. Trypticase Soy Agar digunakan untuk medium pertumbuhan dengan tujuan: mengamati morfologi koloni, mengembangkan kultur murni, pertumbuhan untuk tes biokimia. TSA juga biasa digunakan untuk penghitungan jumlah bakteri.

Sumber: Alken-Murray Co. 2006. Preparation of Trypticase Soy Broth.

Tinjauan tentang Buffer

KH2PO4

Sinonimnya asam fosfat, garam monokalium, kalium dihidrogen fosfat, kalium fosfat monobasic. Berat molekulnya 136,09. Bentuknya serbuk putih, tidak berbau, biasanya menggunakan takaran 22 gram dalam 100 gram air. Densitasnya 2,34. Titik didihnya 400oC, kehilangan air dan menjadi metafosfat. Titik lelehnya 253oC. Stabil dalam keadaan normal saat penggunaan dan penyimpanan (1).

K2HPO4

Sinonimnya kalium fosfat dibasic anhidrat, kalium hidrogen fosfat, kalium fosfat dibasic anhidrat, asam fosforat, garam dikalium hidrogen fosfat. Berat molekulnya 174,18. Bentuknya serbuk atau kristal putih, tidak berbau, kelarutannya 150 gr/100 gr dalam air dingin. Titik lelehnya >465oC. Stabil dalam kondisi normal saat penggunaan maupun menyimpanan (2).

Buffer dapat merubah pH ketika sedikit asam atau basa ditambahkan pada larutan tertentu. Buffer asam memiliki pH kurang dari 7. Buffer ini biasanya dibuat dari asam lemah dan garamnya. Sedangkan pada buffer basa, pHnya lebih dari 7. Biasanya dibuat dari basa lemah dan garamnya. Cara kerjanya: buffer melepas ion hidrogen atau hidroksida yang ditambahkan sehingga pHnya berubah (3).

Buffer diperlukan untuk menjaga pH yang tetap untuk enzim dalam organisme dalam bekerja. Banyak enzim yang bekerja hanya dalam kondisi sangat tepat, sehingga bila pHnya berubah drastic enzim akan bekerja lambat atau bahkan berhenti bekerja sama sekali dan enzim akan terdenaturasi (4).

Sumber:

1.      Mallinckrodt Baker, Inc. 2003. Potassium Phosphate Dibasic Anhydrous.

2.      Mallinckrodt baker, Inc. 2003. Potassium Phosphate Monobasic.

3.      Clark, Jim. 2002. Buffer Solutions.

4.      Anonymous. 2006. Buffer Solution.

One thought on “Tinjauan tentang Media TSB & Buffer

  1. Pingback: Love To Share | juwet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s