Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Mikroba

Masing-masing jenis mikroba mempunyai suhu optimum untuk pertumbuhan. Mikroba membutuhkan nutrisi untuk kehidupan dan pertumbuhannya yang meliputi sumber karbon, sumber nitrogen, sumber energi dan vitamin dan mineral. Nutrisi tersebut digunakan untuk membentuk energi dan menyusun komponen sel. pH medium merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi aktivitas dari mikroba dan kematian dari mikroorganisme (Kurnia dkk., 2006).

Spesies bakteri yang berbeda bisa jadi memiliki kondisi yang berbeda untuk pertumbuhannya. Kondisi umum untuk satu organisme bisa jadi mematikan bagi organisme lain. Ada tidaknya nutrisi, kelembaban, pH, ada tidaknya oksigen, adanya inhibitor dan suhu dapat mempengaruhi pertumbuhan bakteri. Secara umum, semua bakteri membutuhkan satu atau lebih materi:

–      Sumber energi – seperti karbohidrat, protein, lipid

–      Sumber nitrogen – seperti protein, peptida, asam amino, ammonia, nitrat

–      Vitamin

–      Mineral dan garam – seperti fosfor, kalsium, magnesium.

Kebanyakan bakteri tumbuh optimum pada pH netral (7) atau sedikit di atasnya, tapi ini bisa berbeda untuk organism yang berbeda. Kebanyakan bakteri tidak tumbuh pada pH dibawah 4 atau diatas 10.

Semua bakteri membutuhkan kelembaban yang relatif tinggi yang dapat dilihat dari aktivitas airnya. Kebanyakan bakteri membutuhkan aktivitas air lebih dari 0,91.

Oksigen diperlukan oleh beberapa jenis bakteri tertentu, sedangkan bakteri lain tidak tumbuh saat ada oksigen. Bakteri digolongkan berdasarkan butuh tidaknya oksigen: aerob – membutuhkan oksigen dalam pertumbuhannya, anaerob – tidak membutuhkan oksigen dalam pertumbuhannya, anaerob fakultatif – bisa tumbuh saat oksigen ada atau tidak ada.

Kehadiran inhibitor bisa menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri. Diantaranya adalah antibiotik, detergen, sanitizer, violet Kristal, dan lain-lain.

Suhu optimum bagi bakteri untuk tumbuh adalah suhu dimana bakteri tumbuh paling cepat. Setiap bakteri memiliki suhu minimum dan maksimum untuk tumbuh. Bakteri digolongkan berdasarkan suhu optimum, minimum dan maksimum untuk tumbuh (Anonymous, 2006):

–      Termofilik, suhu minimumnya 40oC, maksimumnya >60oC, optimumnya 50-55oC

–      Mesofilik, suhu minimumnya 5oC, maksimumnya 50oC, optimumnya 30-37oC

–      Psikrofilik, suhu minimumnya kurang dari 0oC, maksimumnya 25oC, optimumnya <20oC

Anonymous. 2006. Basic Dairy Bacteriology.

Kurnia, Laila dkk. 2006. Perbandingan Kualitas Moromi Kedelai Edamame dan Moromi Kedelai Lokal menggunakan Kultur Tunggal Lactobacillus delbrueckii DNCE-045.

One thought on “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Mikroba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s