Beta-glucan barley menunjukkan potensi aktivitas prebiotik

Beta-glucan dari barley (semacam gandum untuk membuat bir) bisa meningkatkan jumlah bakteri yang bermanfaat di saluran pencernaan, terutama untuk orang yang berusia di atas 50 tahun, ungkap penelitian dari Yunani.

Asupan harian sebesar 0,75 gram secara signifikan meningkatkan jumlah bifidobacteria, memiliki potensi sebagai prebiotik, tapi hanya pada orang-orang yang berusia di atas 50 tahun, sebagaimana yang dipublikasikan di Food Research International.

Penelitian ini, yang diketuai oleh Adamantini Kyriacou dari Universitas Harokopio di Athena, mengatakan ini adalah laporan pertama dari potensi efek prebiotik beta-glucan secara in vivo. Akan tetapi, penelitian hanya menunjukkan efek peningkatan bifido, sedangkan aktivitas prebiotik sesungguhnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

Prebiotik didefinisikan sebagai “komponen makanan yang tidak bisa dicerna dan memiliki efek yang bermanfaat melalui metabolism selektif dalam saluran pencernaan,” (Gibson et al. 2004).

Beta-glucan dari oat umumnya dikaitkan dengan penurunan kolesterol, dan pengetahuan ini cukup kuat untuk diperhitungkan sebagai kalim kesehatan di berbagai negara. Memang klaim diijinkan di Swedia sejak 2002, UK sejak 2004, sedangkan French Food Health and Safety Agency (AFFSA) mengijinkan klaim kesehatan untuk beta-glucan sebagai penurun kolesterol pada tahun 2008. Pada Mei 2008, US Food and Drug Administration (FDA) menambahkan produk-produk oat tertentu untuk klaim kesehatan terkait dengan serat larut dan resiko penyakit jantung koroner.

Penelitian terbaru menguji beta-glucan dari barley. Peneliti Yunani merekrut 52 orang sehat yang berusia antara 39 sampai 70 tahun dan secara acak diberi kue yang mengandung 0,75 gram beta-glucan barley (DKSH Switzerland Ltd) atau tanpa penambahan beta-glucan selama 30 hari.

Pada akhir penelitian, hasil menunjukkan bahwa efek bifidogenic yang kuat ditemukan pada sukarelawan dengan usia di atas 50 tahun. Kyriacou dan rekannya juga mencatat bersamaan meningkat secara signifikan pada bacteroides” pada mereka. Tren untuk efek yang bermanfaat pada level lactobacillus juga dicatat, namun tidak menunjukkan signifikan secara statistik, ujar peneliti.

// Yang penting disini, produk bisa ditoleransi dengan baik dan tidak ada efek samping pencernaan yang tidak diinginkan tercatat pada penelitian sebelumnya.

“Data menunjukkan kemungkinan peran prebiotik dalam penambahan b-glucan barley terutama dalam penelitian sebelumnya. Selain itu, pada kelompok usia tersebut, proses pencernaan untuk produk makanan yang diuji bisa ditoleransi, tanpa ada efek samping pencernaan yang berat,” tulis peneliti.

“Penelitian selanjutnya dibutuhkan untuk penjelasan efek respon dosis in vivo b-glucan barley pada mikrobiota manusia dan potensi perubahan fungsional prebiotik yang terkait dengan pengolahan makanan,” mereka menyimpulkan.

Pionir probiotik Professor Glenn Gibson dari University of Reading mengemukakan pendapatnya pada NutraIngredients terkait dengan penelitian ini: “Hasil pengamatan penelitian ini menunjukkan potensi glucan dari oat. Jika terbukti, berarti jenis prebiotik yang selama ini ada (cukup terbatas) pun bertambah.”

“Akan tetapi, saya lebih senang dengan aplikasi teknologi berbasis molekular modern untuk secara pasti menaksir efek mikrobia. Peneliti menggunakan kultur berdasarkan pendekatan dan sulit untuk meyakinkan bahwa agar selektif yang digunakan sepenuhnya bisa dipercaya,” tambah Prof Gibson.

Sumber:

Food Research International
Volume 43, Issue 4, Pages 1086-1092
“Prebiotic potential of barley derived β-glucan at low intake levels: A randomised, double-blinded, placebo-controlled clinical study”
Authors: E.K. Mitsou, N. Panopoulou, K. Turunen, V. Spiliotis, A. Kyriacou

Stephen Daniells. 2 Juni 2010. Beta-glucan shows potential prebiotic activity

One thought on “Beta-glucan barley menunjukkan potensi aktivitas prebiotik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s