Staphylococcus aureus

Staphylococcus aureus tumbuh optimal pada keadaan aerob tapi bisa tumbuh juga secara anaerob. Suhu optimumnya 37oC, dengan kisaran 6-48oC. pertumbuhannya bisa dinaikkan di bawah 44oC dengan penambahan NaCl, monosodium glutamate (MSG) dan sari kedelai (Anonymous, 2006a).

Staphylococcus aureus dapat tumbuh pada kisaran suhu 15-45oC dan pada konsentrasi NaCl sampai 15%. Karakteristik penting dari Staphylococcus aureus (Todar, 2005):

–      Gram positif, bentuknya bergerombol

–      Tidak memiliki alat gerak, tidak menghasilkan spora, anaerob fakultatif

–      Fermentasi glukosa dan menghasilkan asam laktat

–      Fermentasi mannitol

–      Katalase positif

–      Koagulasi positif

–      Membentuk koloni berwarna kuning keemasan pada agar

–      Pathogen

Staphylococcus aureus adalah bakteri, sering ditemukan di kulit atau di hidung, yang dapat menyebabkan penyakit mulai dari infeksi kulit ringan (seperti bisul) sampai penyakit berat seperti pneumonia, meningitis, endocarditis dan septicemia. Staphylococcus aureus adalah coccus Gram-positif yang terlihat seperti gerombolan berbentuk anggur saat dilihat dengan mikroskop dan sering dengan beta-hemolysis, yang tumbuh pada blood agar plate. Staphylococcus aureus adalah katalase positif sehingga bisa memecah H2O2 menjadi H2O dan O2, dan juga koagulasi positif, dimana Staphylococcus spesies lain koagulasi-negatif (Anonymous, 2006b).

Staphylococcus aureus adalah kokus anaerobic fakultatif Gram-positif, katalase positif dan oksidase negatif. Di bawah mikroskop bakteri ini terlihat seperti gerombolan anggur. Staphylococcus aureus tumbuh lambat bila ada mikroorganisme lain yang tumbuh. Bakteri ini bisa ditemukan di udara, debu, air, dan kotoran manusia. Mereka bisa tumbuh pada temperatur dengan rentang 6-46oC. Staphylococcus aureus sensitif terhadap panas (Meat & Livestock Australia, 2006).

Sumber:

Anonymous, 2006a. Staphylococcus aureus.

Anonymous, 2006b. Staphylococcus aureus.

Meat & Livestock Australia, 2006. S.aureus.

Todar, Kenneth. 2005. Staphylococcus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s