Dapatkah Diet yang Sehat Melindungi Anda dari Kanker?

World Cancer Research Fund memperkirakan bahwa 34 persen kanker terkait dengan faktor gaya hidup, termasuk diet. Tapi berita bagusnya adalah penelitian-penelitian yang tak terhitung tersebut telah mengidentifikasi bukti efek anti-kanker pada berbagai makanan. Jadi lain kali anda pergi ke supermarket, tambahkan dalam daftar belanja anda untuk membeli makanan ini — makan makanan ini dalam kehidupan sehari-hari bisa membantu anda mengurangi resiko terkena berbagai macam kanker.

  • Brokoli

Bisa melindungi dari: Berbagai macam kanker seperti paru-paru, usus, payudara, kandung kemih, prostat

Cara kerja: Rasa sedikit pahit pada brokoli, kubis dan kembang kol – diduga menjadi alasan utama untuk hasil yang mengesankan dalam menghalangi kanker. Dari penelitian didapatkan bahwa zat kimia yang pahit yaitu isothiocyanate dan glucosinolate sebenarnya mengganggu pertumbuhan kanker dengan mengaktivasi enzim yang menghambat sel kanker, dan menekan pemicu kanker.

  • Bawang Putih

Bisa melindungi dari: Berbagai macam kanker meliputi perut, usus besar, mulut, dan tenggorokan.

Cara kerja: Komponen bau pada bawang adalah agen potensial anti-kanker. Semua jenis bawang-bawangan, termasuk bawang perai dan bawang merah, juga mengandung komponen ini. Dari penelitian, kanker secara kimiawi diganggu oleh komponen aktif yang terbentuk dari allicin (yang ada dalam bawang putih). Penelitian pada manusia menunjukkan resiko yang rendah untuk terkena kanker bagi mereka yang mengonsumsi banyak bawang putih, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi. Untuk hasil terbaik, potong atau hancurkan bawang dan makan mentah atau dimasak sebentar.

  • Tofu

Bisa melindungi dari: Kanker payudara dan prostat

Cara kerja: Isoflavon yang terkandung dalam kacang kedelai memiliki efek yang menyerupai estrogen dalam tubuh. Zat ini membantu menghalangi efek estrogen yang lebih kuat, baik alami maupun zat kimia dari plastik atau pestisida. Zat ini bisa mengurangi resiko kanker yang terkait dengan hormon pada pria maupun wanita. Populasi di Asia yang makan tofu secara teratur memiliki resiko terkena kanker lebih rendah. Tofu juga mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah kanker. Tofu dan makanan yang terbuat dari kedelai lain juga memberikan perlindungan yang sama, tapi untuk kedelai yang mengalami proses lebih lanjut, misalnya pada suplemen, tidak menunjukkan pengurangan resiko kanker.

  • Ikan

Bisa melindungi dari: kanker prostat lanjutan

Cara kerja: Asam lemak omega-3 pada ikan seperti salmon, mackerel dan bluefish, memiliki sifat anti-radang yang membantu mengurangi resiko kanker prostat. Pria yang mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 secara teratur memiliki resiko terkena kanker yang lebih rendah. Diet tinggi asam lemak tak jenuh rantai ganda, seperti omega-3, cenderung lebih rendah dalam asam lemak jenuh, yang terkait dengan peningkatan resiko terkena kanker.

  • Teh hijau

Bisa melindungi dari: Berbagai macam kanker, seperti kandung kemih, perut, dan usus besar.

Cara kerja: Komponen anti-kanker terpenting dalam teh hijau, EGCG (epigallocatechin-3-gallate) adalah antioksidan yang muncul untuk menghentikan kerusakan genetik pada skala lab. Pada penelitian yang menggunakan hewan, komponen ini juga menghentikan tumor dari pembentukan jaringan suplai darahnya, yang berarti tumor tidak bisa tumbuh. Teh hijau memiliki kafein yang lebih rendah daripada teh hitam atau kopi, tapi minum dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan mual dan gangguan tidur.

  • Biji Serealia Utuh

Bisa melindungi dari: kanker usus besar dan payudara.

Cara kerja: Serat ditemukan pada sereal dan roti biji serealia utuh dan penting dalam kesehatan pencernaan dan hormonal. Serat memberikan usus besar sesuatu “untuk bekerja” dan juga meningkatkan aktivitas bakteri dalam usus besar. Diet tinggi serat juga berkontribusi dalam menurunkan tingkat estrogen. Selain mengandung serat, biji serealia utuh juga kaya komponen lain yang terkait dengan penurunan resiko kanker. Sereal kaya serat meliputi bran flakes, oatmeal dan granola, dan untuk hasil yang terbaik pilih yang rendah-garam dan rendah-gula.

  • Saus Tomat

Bisa melindungi dari : kanker prostat dan kemungkinan kanker yang lain.

Cara kerja: Komponen penting dalam tomat adalah likopen (lycopene), zat penghambat radikal bebas. Likopen menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dalam penelitian dan dikaitkan dengan resiko kanker prostat yang rendah pada pria yang mengonsumsi produk tomat dan olahannya. Yang menarik, kadar likopen lebih besar ketika tomat dimasak daripada dimakan mentah-mentah. Hal ini dikarenakan likopen lebih mudah diabsorbsi bila telah mengalami proses dan pemanasan, jadi saus atau pasta tomat bisa memberikan jumlah likopen yang lebih besar. Dan juga lebih baik bila memasak atau mengonsumsi tomat dengan sedikit minyak zaitun karena minyak meningkatkan absorbsi likopen itu sendiri.

  • Yogurt

Bisa melindungi dari: kanker usus besar dan payudara

Cara kerja: Probiotik, bakteri yang bermanfaat hidup dalam yogurt, menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan system imun. Pada studi yang menggunakan hewan percobaan, asupan yogurt secara teratur terlihat meningkatkan level imun komponen anti-kanker seperti interferon dan sel NK (natural killer cells). Carilah yogurt yang mengandung kultur yang hidup atau aktif.

  • Jeruk dan Wortel

Bisa melindungi dari: kanker paru-paru dan kanker yang lain

Cara kerja: jeruk dan wortel kaya antioksidan vitamin C dan beta-karoten. Semua buah dan sayuran kaya antioksidan, yang bisa melindungi sel dengan cara menetralisir radikal bebas, molekul yang memicu dan menyebabkan kanker. Diet tinggi buah dan sayuran terkait dengan penurunan kanker paru-paru dan kanker lain. Bagaimanapun, beta-karoten dalam bentuk suplemen tidak ditemukan bisa melindungi dari kanker. Faktanya, suplemen beta-karoten meningkatkan resiko kanker paru-paru dan kematian bagi perokok dalam penelitian yang lebih besar.

  • Biji Flax

Bekerja karena: Juga disebut linseed, biji flax mengandung lignan, estrogen tanaman yang bisa merubah metabolism estrogen alami yang bisa melindungi dari kanker payudara. Sebagai tambahan, seperti makanan tinggi serat yang lain, biji flax memiliki efek yang positif pada kesehatan usus besar. Penelitian di lab menunjukkan bahwa lignan, asam lemak omega-3 dan serat pada biji flax bisa membantu melindungi dari kanker usus besar.

Sumber: iVillage: Anti-Cancer Superfoods

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s