Pengemas bioplastik dari kulit buah

Peneliti di Malaysia menyatakan bahwa mereka telah mengembangkan pengemas plastik yang bisa didegradasi (biodegradable) dari kulit buah tropis yang tahan lama dan ekonomis untuk diproduksi.

Produk Fruitplast menjadi produk plastik biodegradable pertama dari University Sain Malaysia (USM) yang dibuat dari kulit buah tropis seperti pisang, rambutan, dan cempedak.

Ketua tim profesor Hanafi Ismail menyatakan bahwa ide untuk memproduksi plastik dari limbah buah muncul karena adanya potensi untuk plastik biodegradable diramalkan tumbuh hingga 30% per tahun.

“Plastik komersial yang bio-degradable seperti polylactic acid (PLA) dan polycaprolacton (PCL) yang tersedia di Barat setidaknya delapan kali lipat lebih mahal dari plastik yang berbahan petroleum, plastik non-biodegradable seperti polyethylene (PE) dan polypropylene (PP). Kami telah mengembangkan penelitian untuk memproduksi plastik bio-degradable menggunakan limbah dari buah untuk mengurangi biaya tapi bisa bersaing dengan kualitas plastik komersial yang ada di pasaran.”

Fruitplast diestimasikan 10% lebih murah dari plastik komersial yang berbahan petroleum (PE, PP) dan bisa didegradasi dalam tiga sampai enam bulan, ujar tim tersebut.

“Inovasi ini juga memiliki prospek komersial tak hanya di Malaysia tapi juga di seluruh dunia karena berdasarkan konsep ketahanan, harganya murah dan baik untuk industri pengemasan,” tambah Hanafi. “Daya tahan plastik juga telah memenuhi standar yang ditetapkan dan jika tidak terekspos elemen (tanah dan cuaca), Fruitplast bisa bertahan hingga dua tahun.”


Universitas, yang mendanai proyek ini, mengatakan bahwa Fruitplast memenangkan medali emas dalam International Invention, Innovation and Technology Exhibition (ITEX) 2010, yang diselenggarakan di Kuala Lumpur beberapa waktu yang lalu.

Sumber : Harrington, Rory. 2010. Bioplastic packaging made from fruit skins

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s